• Kunjungan Gubernur Jawa Barat ke SMA Negeri 3 Kuningan didampingi Kadisdik Provinsi Jawa Barat dan Bupati Kuningan
    Kunjungan Gubernur Jawa Barat ke SMA Negeri 3 Kuningan didampingi Kadisdik Provinsi Jawa Barat dan Bupati Kuningan

admin

Penjelasan PPDB 2018

Penjelasan SMA

Sumber : http://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/

Informasi sebelumnya http://www.sman3kuningan.sch.id/?p=6900

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) ONLINE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

A.      Latar Belakang Kegiatan

Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online, merupakan bagian integral dari penyelenggaraan sistem pendidikan atau persekolahan. PPDB diselenggarakan  secara rutin dan terencana pada setiap akhir tahun pelajaran menjelang awal tahun pelajaran berikutnya.

Kegiatan PPDB Online tahun  pelajaran 2018/2019,  di SMA Negeri 3 Kuningan dilakukan melalui dua jalur penjaringan.  Jalur  pertama, Jalur Non Nilai Hasil Ujian Nasional (KETM, PMG,WPS, ABK dan Prestasi) dengan daya tampung  55%. Jalur kedua melalui Jalur Nilai Hasil Ujian Nasional + Skor jarak domisili dengan daya tampung 45%.

PPDB Online melalui 2 jalur dengan presentasi 55% dan 45% diiharapkan dapat mengakomodir para siswa berprestasi Non NHUN dan NHUN  dapat diterima sebagai siswa baru  SMA Negeri 3 Kuningan.

Keberhasilan pendidikan itu perlu dibangun dari bobot dan bibit unggul dengan pengelolaan yang profesional serta berpijak pada komitmen bersama yakni upaya peningkatan mutu pendidikan sebagai bagian integral dari upaya peningkatan sumber daya manusia. Kelak dikemudian hari menghasilkan lulusan yang mampu berfikir logis, terampil, mampu memecahkan masalah secara cerdas dan sekaligus berakhlak dan berbudi pekerti yang baik sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Selain itu mereka juga diharapkan mampu bersaing baik secara lokal, regional, nasional maupun global. Sejalan dengan visi SMA Negeri 3 Kuningan sebagai berikut :

“SMA NEGERI 3 KUNINGAN SEKOLAH PEMBUDAYAAN WISATA PENDIDIKAN MENUJU TAHUN 2020”.

B. Landasan

Landasan secara yuridis maupun teknis penyelenggaraan PPDB Online Melalaui Jalur Non NHUN KETM, PMG,WPS, ABK dan Prestasi) dan NHUN + Skor Jarak Domisili pada SMA Negeri 3 Kuningan, adalah sebagai berikut:

  1. Permendikbud No 22 tahun 2016 Tentang Standar proses
  2. Permendikbud No 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah
  3. Keputusan Gubernur Jabar Nomor 422.1/8904-Set-Disidik Tanggal 9 Mei 2018 tentang petunjuk teknis penerimaan peserta didik baru (PPDB) Pada Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa/Sederajat Tahun Pelajaran 2018/2019
  4. Keputusan Rapat Pengangkatan Panitia PPDB tanggal 9 April 2018

C.      Asas

  1. Objektivitas, Memenuhi Ketentuan Perundang-undangan,
  2. Transfaransi, proses pelaksanaan terbuka,
  3. Akuntabilitas, Proses dan hasil dapat dipertanggungjawabkan
  4. Incluxive, tidak membeda-bedakan suku, ras, agama, status sosial ekonomi dan disabilitas sesuai ketentuan perundang-undangan yang   berlaku

Baca Selengkapnya…

Pengumuman PPDB 2017

Sesuai informasi dari web ppdb.jabarprov.go.id bahwa pengumuman hasil seleksi yang semula akan diumumkan pada tanggal 10 Juli 2017 Pukul 14.00 WIB menjadi tanggal 10 Juli 2017 Pukul 23.30 WIB dikarenakan bahwa pemrosesan data hasil seleksi yang ditampilkan pada web PPDB Jabar masih dalam tahap proses pengolahan, seluruh proses pemutakhiran data dan penentuan hasil seleksi PPDB Jawa Barat Tahun 2017 senantiasa dilakukan secara transparan dan akuntable sesuai peraturan yang berlaku. Hasil pengumuman yang sebenarnya mengikuti jadwal pada tanggal 10 Juli 2017 dan proses verifikasi masih berlangsung.

Berikut surat edaran perubahan jadwal pengumuman PPDB Jawa Barat Tahun 2017.

Informasi PPDB Jalur Akademik Tahun Pelajaran 2017/2018

http://ppdb.jabarprov.go.id/assets/img/Alur_PPDB_Akademik_SMA.jpg

Berikut dokumen lainnya :

  1. Peraturan Gubernur Nomor 16 Tahun 2017 tentang PEDOMAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
  2. PETUNJUK TEKNIS PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Informasi selengkapnya bisa mengunjungi alamat  http://ppdb.jabarprov.go.id/sma/ atau datang langsung ke Panitia PPDB pada sekolah yang dituju.

Kunjungan Gubernur Jawa Barat ke SMA Negeri 3 Kuningan

Aher Ingin SMA/SMK di Jabar Tiru SMAN 3 Kuningan

Oleh : Dea Andriyawan

23 Februari 2017 19:05

aher

Gubernur, Kasek, dan Bupati

INILAH, Kuningan – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam kunjungan kerjanya ke Kuningan menyempatkan diri untuk mendatangi SMAN 3 Kuningan.
Dalam lawatannya tersebut, Aher sapaan akrabnya mengaku terkesima melihat kondisi sekolah yang sangat nyaman dan kondusif. Terlebih sekolah tersebut merupakan sekolah yang berprestasi, yakni juara UKS ke 2 tingkat nasional dan juara pertama sekolah berbasis lingkungan.
Aher menjelaskan akan menjadikan SMAN 3 Kuningan sebagai percontohan bagi SMAN/SMKN di Jawa Barat. Terutama dalam menciptakan keramahan lingkungan di lingkungan sekolah, bagaimana SMAN 3 Kuningan mampu menghadirkan sekolah dengan nuansa yang nyaman dan asri dengan pelbagai konsep yang menarik.
Atas dasar itu Gubernur pun meminta agar para kepala Sekolah SMAN/SMKN di Jabar untuk belajar ke SMAN 3 Kuningan Baca selanjutnya…

Launching Cyber School

Penjelasan Penggunaan Aplikasi

Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda, S.Sos., M.A.P. sedang menerima penjelasan aplikasi Android yang digunakan

Setelah ditetapkannya SMAN 3 Kuningan (Smantika) sebagai Rujukan Sekolah Adiwiyata sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 660.1/156/BPLHD/2016 dan Rujukan Sekolah Sehat dan Laboratorium UKS Tahun 2016 sesuai SK Bupati Nomor 441.5/KPTS.69-Kesra/2016 pada hari Senin, 22 Februari 2016, kini Smantika meluncurkan Cyber School yang disaksikan oleh Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda, S.Sos., M.A.P. didampingi Kadisdikpora Kab. Kuningan Drs. Asep Taufik Rohman, M.Si.,M.Pd.. Dengan demikian Smantika terus berinovasi dalam upaya memberikan pelayanan yang prima untuk masyarakat belajar.

Teleconferece

Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda, S.Sos., M.A.P. sedang bersiap melakukan teleconference

Kepala SMAN 3 Kuningan, Drs. H. Sudrajat, M.M.Pd. menyampaikan tujuh program unggulan sekolah salah satu diantaranya adalah unggul dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi. Program unggulan tersebut dinamakan dengan Cyber School. “Kami merasakan bahwa cyber school menjadi sebuah kepentingan yang essensial dan sangat membantu bagi para siswa yang tidak berkesempatan hadir di sekolah untuk kegiatan pengembangan dirinya (artis, atlit, model dan siswa yang sakit) namun dapat turut serta belajar di sekolah dengan program cyber school melalui konsep teleconfrence, net meeting, chatting, streaming video directs, streaming video delay, e-learning, email serta mailing list” ucapnya. Seperti apa yang terjadi pada Ega Noviantika (DA2 Ega) Baca selengkapnya…

Siapa Alumni SMAN 3 Kuningan? Sekolahnya Jadi Rujukan Nasional

FOTO: TATANG AZHARI/RADAR KUNINGAN

SERAHKAN SK: Bupati Hj Utje Ch Suganda menyerahkan SK Sekolah Rujukan Adiwiyata, Sekolah Sehat dan Laboratorium UKS Nasional kepada Kepala SMAN 3 Kuningan H Sudrajat.

KUNINGAN – Prestasi Sekolah Sehat Nasional dan Sekolah Berbudaya Lingkungan atau Adiwiyata yang disandang SMAN 3 Kuningan mendapat apresiasi besar Bupati Kuningan Hj Utje Ch Suganda. Orang kuat nomor satu di Kota Kuda itu bahkan memperkuatnya dengan penerbitan Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 660.1/156/BPLHD/2016 tentang Penetapan SMAN 3 Kuningan sebagai Rujukan Sekolah Adiwiyata dan Rujukan Sekolah Sehat dan Laboratorium UKS Tahun 2016 sesuai SK Bupati Nomor 441.5/KPTS.69-Kesra/2016.

Dua SK diserahkan Bupati Utje kepada Kepala SMAN 3 Kuningan H Sudrajat MPd di sela apel pagi di halaman kampus SMAN 3 Kuningan, Senin (22/2). Baca selengkapnya…

PENGARUH KANDUNGAN OKSIGEN TERLARUT (DO) TERHADAP STATUS EUTROFIKASI DI WADUK CIWAKA, KOTA SERANG

Nida Nur Faridah Z (1), Qurrotul Aeni (2)

 

(1,2)Jurusan Perikanan FAPERTA Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jalan Raya Jakarta Km 4 Pakupatan, Serang, Banten. Telp. (0254) 395502.

*nidanurfaridah@gmail.com

 

ABSTRACT

Reservoir is a water resource infrastructure is functioning multipurpose. However, dams – dams that have been built in Indonesia has experienced problems of eutrophication and has become a serious concern globally. Therefore, the necessary efforts to control the right to know the process and the key parameters that cause eutrophication. Study models include the relationships between water quality parameters, especially dissolved oxygen (DO) and the dynamics of eutrophication. The study results showed that the dissolved oxygen content in the reservoir Ciwaka is 7.53 mg / l have not been polluted status. It can be said that Ciwaka reservoir is not included in the category of eutrophic, but including oligotrofik waters.

selengkapnya klik disini!

Kunjungan Anggota DPR RI dan DPRD Jabar di Upacara Senin 4 Mei 2015

h amin santono

Anggota DPR RI, H. Amin Santono, S.Sos., M.M.

Dalam massa reses Anggota DPR RI dari Partai Demokrat sekaligus salah satu wakil rakyat dari Kabupaten Kuningan yaitu Bapak H. Amin Santono, S.Sos., M.M. serta Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi V yaitu Ibu Hj.  Yoyoh Rukiyah menyempatkan berkunjung ke SMA Negeri 3 Kuningan. Beliau merupakan salah satu pasangan suami istri asal Kuningan yang menjadi wakil rakyat. Pada kesempatan tersebut beliau menjadi pembina pada Upacara Pengibaran Bendera Senin 4 Mei 2015. Baca selengkapnya…

Mengapa Kurikulum Pendidikan di Indonesia Selalu Berubah?

Hal yang abadi dan akan tetap berlangsung di dunia adalah perubahan. Perubahan terjadi karena perkembangan peradaban manusianya itu sendiri. Begitu pula perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia yang selalu berkembang dan terus dikembangkan dari masa ke masa. Mari kita lihat lembaran-lembaran perkembangan dan perubahan kurikulum pendidi Indonesia di bawah ini.

Sejarah Kurikulum Pendidikan di Indonesia

1. Perkembangan Kurikulum Sebelum Kemederkaan

a. Kurikulum Masa Penjajahan Belanda

1) Sistem pendidikan Islam yang dislenggarakan di pesantren

2) Sistem pengajaran Belanda.
Sistem pendidikan Belanda diatur dengan prosedur yang ketat dari mulai aturan siswa, pegajar, sistem pengajaran dan kurikulum. Sistem prosedural seperti ini sangat berbeda dengan sistem pendidikan Islam yang dikenal sebelumnya. Sistem pendidikan pun bersifat diskriminatif. Pemerintah kolonial sebenarnya tidak berniat mendirikan universits, tetapi akhinya mereka mendirikan universitas untuk kebutuhan mereka sendiri. Agar tdak banyak bangsa Indonesia yang bersekolah yang lebih inggi, maka biaya kuliah pun dibuat sangat besar. Lanjutkan membaca

Waktu Saat Ini

Bagaimanakah tampilan website SMAN 3 Kuningan?

View Results

Loading ... Loading ...

Kategori

Arsip

Terjemahkan Website

Kategori

2010/2011 (1)
2011/2012 (11)
2012/2013 (7)
2013/2014 (3)
2014/2015 (2)
2015/2016 (16)
2016/2017 (8)
2017/2018 (4)
2018/2019 (2)
Adiwiyata (12)
administrasi (1)
Administrasi KBM (2)
Android (1)
Bank Soal (3)
BAOS (1)
Belajar Excel (3)
Berita Duka (1)
Berita Gembira (11)
Berita Kampus (18)
Bima Suci (1)
Bitmap (1)
Blanko Nota (2)
BNN (1)
BPLHD (4)
Budaya (4)
buku (1)
Bupati (3)
CCTV (1)
CorelDraw (5)
Cyber School (1)
Desain Grafis (5)
E-Learning (2)
Ekstrakurikuler (12)
Email (2)
Excel (1)
facebook (1)
Fasilitas (7)
Film (1)
Formula (1)
Geografi (1)
Hari Besar (4)
Hari Raya (1)
Idul Fitri (2)
Intern (3)
Internet (5)
Jadwal (3)
Jalur NHUN (2)
Jalur Prestasi (2)
Jaringan Komputer (2)
Jejaring Sosial (1)
Jurnal (1)
Kalendar (1)
Kalender (1)
Kegiatan Rutin (10)
Kelas X (3)
Kelas XI (14)
Kelas XII (12)
Kependidikan (6)
Kesenian (6)
Kisi-Kisi (2)
Konversi Nilai (1)
Kuningan (2)
Label Undangan (1)
latihan soal (1)
LHB (1)
Lingkungan Hidup (11)
Lomba (9)
LSS (4)
Mail Merge (1)
Materi Kelas X (1)
Materi Kelas XI (7)
Materi Kelas XII (5)
Media Pembelajaran (2)
Mengatur Halaman (1)
Microsoft Excel (6)
Microsoft Office (4)
Microsoft Word (2)
Milangkala ka 19 (1)
Nilai Raport (1)
Nota Penjualan (2)
Olah Raga (7)
Olimpiade Sains Nasional (1)
OSN (1)
Page Setup (1)
Pahlawan Nasional (1)
Pembinaan (2)
Pencak Silat (1)
Pengayaan (1)
Pengetahuan (2)
Penghargaan (1)
Pengumuman (15)
Peningkatan Mutu (9)
Perpisahan (3)
Perpustakaan (4)
Piala Dunia (2)
PowerPoint (2)
PPDB (5)
Presentasi (2)
Prestasi Akademik (1)
Profil Guru (1)
PSB & Mutasi (4)
Remedial (4)
Reuni (2)
SBL (14)
Sekolah Sehat (15)
Semester Ganjil (11)
Semester Genap (12)
Seni (6)
Seni itu Indah (8)
Silabus (1)
Silaturahim (4)
Silaturahmi (5)
Smantika Science Expo (1)
SNMPTN (2)
Soal UAS Ganjil (1)
Soal Ujian Tulis (1)
Sosialisasi (1)
Tak Berkategori (32)
Tek. Infokom (5)
Teknologi (2)
Teleconference (1)
template (2)
tik (2)
Tip & Trik (4)
Touring (1)
Tradisional (3)
Try Out (1)
Turut Berduka (1)
tutorial (1)
UAS (3)
Uji Kompetensi (1)
Ujian Akhir Semester (6)
Ujian Nasional (5)
Ujian Sekolah (2)
Ujian Tengah Semester (3)
UKS (6)
UKS (8)
Ulang Tahun (7)
Ulangan Umum (6)
UNBK (1)
UTS (2)
Vektor (1)
Video Streaming (1)
yahoo (2)

WP Cumulus Flash tag cloud by Roy Tanck requires Flash Player 9 or better.

SMAN3KUNINGAN

Berani Scan Barcode ?

Gallery Photo

My Power