• Kunjungan Gubernur Jawa Barat ke SMA Negeri 3 Kuningan didampingi Kadisdik Provinsi Jawa Barat dan Bupati Kuningan
    Kunjungan Gubernur Jawa Barat ke SMA Negeri 3 Kuningan didampingi Kadisdik Provinsi Jawa Barat dan Bupati Kuningan

Materi Kelas XII

Macam-macam Seleksi dalam CorelDraw

Seleksi adalah langkah pertama dalam proses desain. Tanpa melakukan proses seleksi, perintah apapun yang diberikan pada sebuah objek tidak akan berpengaruh apa-apa.

Berikut ini beberapa macam seleksi objek yang dapat dilakukan pada CorelDraw:

  1. Seleksi objek tunggal (an object): klik objek menggunakan Pic Tool.
  2. Seleksi objek kompleks (multiple object): sambil menekan tombol Shift pada keyboard, klik tiap-tiap objek yang akan dipilih menggunakan Pic Tool.
  3. Seleksi objek satu per satu (memilih objek-objek dengan cara bergantian seleksinya berdasarkan urutan pembuatannya): klik salah satu objek menggunakan Pic Tool, lalu lanjutkan dengan menekan tombol Tab pada keyboard atau Shift + Tab sampai objek yang diinginkan terpilih.
  4. Seleksi semua objek (all object): Klik menu Edit -> Select All -> Object atau bisa juga dengan cara dobel klik/klik 2x pada Pic Tool.
  5. Seleksi objek dalam grup (an object in a group): sambil menekan tombol Shift, klik objek yang ingin dipilih menggunakan Pic Tool.
  6. Seleksi objek dalam grup yang digrup (an object in a Nested Group): sambil menekan tombol Shift pada keyboard, klik objek yang ingin dipilih menggunakan Pic Tool, lalu klik lagi objek yang ingin dipilih tersebut sampai benar-benar hanya satu objek yang dipilih.
  7. Seleksi objek yang tersembunyi dari objek yang terlihat (an object hidden from view by other objects): sambil menekan tombol Alt pada keyboard, klik objek yang ingin dipilih menggunakan Pic Tool.
  8. Seleksi objek tersembunyi dalam grup: sambil menekan tombol Ctrl + Alt pada keyboard, klik objek yang ingin dipilih menggunakan Pic Tool.
  9. Seleksi objek dengan cara click and drag (Marquee Selection): Seleksi menggunakan Pic Tool, dengan cara mengklik lalu drag di luar sekitar objek yang ingin dipilih dimana area seleksi akan terbentuk seperti object rectangle dengan garis putus-putus, lalu objek yang berada di dalam area seleksi rectangle tersebut akan terpilih.

Itulah beberapa macam seleksi objek yang dapat kita lakukan pada CorelDraw pada saat editing object.

 

semoga bermanfaat!

Membuat Template PowerPoint untuk Media Pembelajaran

Pembelajaran menggunakan sarana teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam hal ini salah satunya yaitu komputer sudah merupakan hal penting yang harus diterapkan. Namun beberapa kendala yang dihadapi oleh para guru adalah bahwa membuat media pembelajaran ini terasa sulit dan menyita banyak waktu untuk membuatnya, apalagi belum lagi mempelajari pengoperasian program aplikasi untuk membuatnya (dalah hal ini salah satunya PowerPoint).

PowerPoint merupakan salah satu program aplikasi perkantoran dengan spesialisasi membuat media presentasi. PowerPoint dapat kita jadikan sebagai salah satu program aplikasi yang powerfull untuk membuat media pembelajaran. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah dalam mempersiapkan media pembelajaran menggunakan PowerPoint.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan template. Template merupakan file blanko atau format yang dapat kita pakai untuk membuat media pembelajaran.

Selengkapnya dapat didownload disini. Tulisan ini juga dapat diperoleh di majalah sekolah Mardika Edisi 16 Bulan Oktober 2011.

Terminologi yang harus diketahui untuk menggunakan CorelDraw

Berikut ini beberapa istilah yang biasa digunakan dalam CorelDraw:

  1. Object
    Elemen sebuah drawing berupa image, shape, Text, Curve, Symbol atau layer.
  2. Drawing
    Image atau gambar yang ada dalam CorelDraw, seperti Custom Artwork, Logo, poster dan paragraph teks.
  3. Vector Graphic
    Image atau gambar yang berasal dari penjelasan secara matematis yang ditentukan dengan posisi, panjang, dan arah dalam setiap line yang digambarkan.
  4. Bitmap
    Gambar atau image yang terdiri atas pixel atau dot.
  5. Docker Window
    Tampilan window yang mengandung perintah dan setting yang sesuai dengan tool tertentu.
  6. Flyout
    Grup tombol terbuka yang berkaitan dengan tool-tool tertentu.
  7. Artistic Text
    Teks yang dapat memuat efek-efek tertentu, seperti shadow.
  8. Paragraph Text
    Kumpulan teks yang dapat dilakukan proses editing dengan blok besar

Mengenal Bitmap & Vector Graphic

Sumber: http://www.midas-solusi.com/knowledge-space,id,detail,49,bitmap-vs-vektor

Gambar-gambar grafis yang diproses menggunakan komputer biasanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu bitmap dan vektor. Jika Anda ingin mendapatkan sebuah hasil cetak yang baik, Anda harus dapat menggabungkan dari kedua jenis data tersebut. Pada tulisan ini akan dijelaskan perbedaan dari keduanya.

Gambar-gambar yang merupakan hasil scan adalah gambar-gambar bitmap, sementara gambar-gambar yang dibuat menggunakan aplikasi seperti Adobe Illustrator, Freehand maupun Corel Draw akan tersimpan sebagai vector graphics. Akan tetapi Anda dapat melakukan konversi gambar antar keduanya, dan bahkan memungkinkan bagi keduanya untuk digabungkan ke dalam satu file.

GAMBAR BITMAP (BITMAP IMAGES)

Seperti namanya, gambar bitmap adalah kumpulan bit yang membentuk sebuah gambar. Gambar tersebut memiliki kandungan satuan-satuan titik (atau pixels) yang memiliki warnanya masing-masing (disebut dengan bits, unit terkecil dari informasi pada komputer).

bitmap

Pada gambar sebelah kiri, Anda dapat melihat sebuah pemandangan, dan di sebelah kanannya merupakan pembesaran 250 persen dari puncak salah satu gunung. Gambar tersebut terdiri dari ratusan baris dan kolom elemen-elemen kecil yang memiliki warnanya masing-masing. Masing-masing elemennya disebut pixel (singkatan dari picture element). Mata manusia tidak mampu melihat masing-masing pixel-nya sehingga kita menangkapnya sebagai gradasi yang halus.

Semakin banyak jumlah pixel yang ada pada sebuah gambar, maka semakin halus dan realistik gambar tersebut.

Karakteristik Data Bitmap

Gambar yang menggunakan data bitmap akan menghasilkan bobot file yang besar. Sebagai contoh, sebuah gambar dengan standar warna CMYK berukuran A4 yang memiliki kualitas cetak menengah (medium) menghasilkan bobot file sebesar 40 MB. Dengan menggunakan kompresi dapat memperkecil bobot sebuah file.

Perbesaran dimensi gambar merupakan salah satu kekurangan jenis gambar bitmap ini. Begitu sebuah gambar diperbesar terlalu banyak, akan terlihat tidak natural dan pecah. Begitu juga dengan memperkecil sebuah gambar, akan memberikan dampak buruk seperti berkurangnya ketajaman gambar tersebut.

Aplikasi Data Bitmap

Ada ratusan aplikasi di pasaran yang dapat digunakan untuk membuat atau memodifikasi file gambar dengan data bitmap. Dalam dunia percetakan, Adobe Photoshop adalah aplikasi yang mendominasi pasar.

Format File yang digunakan untuk Data Bitmap
Gambar dengan format data bitmap dapat disimpan dalam berbagai macam format file, antara lain:

  • BMP; format file yang terbatas, tidak cocok digunakan untuk cetak
  • GIF; biasanya digunakan untuk grafis-grafis di internet
  • JPG atau JPEG; atau juga format file JFIF, biasa digunakan sebagai grafik atau gambar di internet karena memiliki tingkat ketajaman gambar yang dapat mempengaruhi bobot file
  • TIFF; merupakan format file bitmap yang paling populer untuk cetak
  • PNG; biasanya digunakan untuk grafis-grafis di internet yang memiliki tingkat ketajaman gambar yang baik, merupakan teknologi campuran seperti teknologi GIF dan teknologi JPG.

GRAFIS VEKTOR (VECTOR GRAPHICS)

Grafis vektor adalah gambar yang ditampilkan menggunakan definisi matematis.

Vector Graphic

Gambar di atas menunjukkan prinsip kerjanya. Pada gambar sebelah kiri, adalah gambar yang dihasilkan, dan pada gambar di sebelah kanan Anda dapat melihat garis-garis sesungguhnya yang menciptakan tampilan sebuah gambar.

Masing-masing garis terdiri dari cukup banyak titik-titik poin yang saling terhubung, atau dapat juga terdiri dari beberapa titik poin pengontrol yang saling terhubung menggunakan bezier curves. Ini adalah salah satu metode yang dapat menciptakan hasil terbaik dan digunakan oleh kebanyakan aplikasi gambar saat ini.

image with point

Gambar di atas menjelaskan kedua prinsip tersebut. Pada gambar kiri, lingkaran terbentuk oleh sejumlah titik-titik poin yang terhubung menggunakan garis lurus. Pada gambar kanan, Anda dapat melihat lingkaran yang sama, yang hanya dibentuk oleh 4 titik poin pengontrol saja.

Karakteristik Gambar Vektor

Gambar vektor biasanya memiliki bobot file yang cukup kecil karena hanya berisi data mengenai bezier curves yang membentuk sebuah gambar. Format file EPS seringkali digunakan untuk menyimpan gambar vektor yang dapat memberikan penampilan gambar bitmap (bitmap preview image) dalam data bezier. Bobot file dari gambar penampilan biasanya lebih besar dari data bezier-nya sendiri.

Dimensi gambar vektor biasanya dapat diubah tanpa mengurangi kualitas gambarnya sendiri. Hal ini yang menjadikannya ideal dalam pembuatan logo perusahaan, peta/denah, atau objek-objek lain yang seringkali membutuhkan perubahan skala/dimensi. Perlu diperhatikan, tidak semua gambar vektor dapat diubah skalanya sesuka Anda:

  • Gambar hanya dapat diubah skalanya hingga 20 persen lebih besar atau lebih kecil
  • Garis-garis tipis dapat menghilang jika gambar vektor diperkecil terlalu banyak
  • Kesalahan-kesalahan kecil pada sebuah gambar dapat terlihat jelas ketika gambar diperbesar terlalu besar

Cukup mudah untuk membuat sebuah gambar vektor yang sulit untuk dibuatkan output-nya. Khususnya penggunaan tiles (objek-objek kecil yang diuat berulang-ulang) dan efek lens pada Corel Draw dapat membuat file yang sangat kompleks.

Aplikasi Data Vektor

Ada ratusan aplikasi di pasaran yang dapat digunakan untuk membuat atau memodifikasi data vektor. Dalam dunia percetakan, Adobe Illustrator, Freehand dan Corel Draw adalah aplikasi-aplikasi yang cukup populer.

Format File yang digunakan untuk Data Vektor
Secara umum data vektor dapat disimpan dalam format file:

  • CDR; format file image vector dari program aplikasi CorelDraw.
  • AI; format file image vector dari program aplikasi Adobe Illustrator.
  • FH?; format file image vector dari program aplikasi Macromedia Freehand dimana “?” adalah menunjukkan versi dari program aplikasi Macromedia Freehand.

Materi ini dapat Anda Download disini!

Bahan Materi CorelDraw buat Presentasi Media Pembelajaran

Silakan download buku Menguak Rahasia CorelDraw 12 atau buku CorelDraw & Media Advertising versi DOCX atau PDF sebagai bahan tugas untuk mengisi materi pada slide presentasi PowerPoint untuk media pembelajaran dengan cara klik kanan lalu pilih Save Link As… disini dan versi DOCX disini serta versi PDF disini.

Waktu Saat Ini

Bagaimanakah tampilan website SMAN 3 Kuningan?

View Results

Loading ... Loading ...

Kategori

Arsip

Terjemahkan Website

Kategori

2010/2011 (1)
2011/2012 (11)
2012/2013 (7)
2013/2014 (3)
2014/2015 (2)
2015/2016 (16)
2016/2017 (5)
Adiwiyata (10)
administrasi (1)
Administrasi KBM (2)
Android (1)
Bank Soal (3)
BAOS (1)
Belajar Excel (3)
Berita Duka (1)
Berita Gembira (11)
Berita Kampus (17)
Bima Suci (1)
Bitmap (1)
Blanko Nota (2)
BNN (1)
BPLHD (4)
Budaya (4)
buku (1)
Bupati (2)
CCTV (1)
CorelDraw (5)
Cyber School (1)
Desain Grafis (5)
E-Learning (2)
Ekstrakurikuler (12)
Email (2)
Excel (1)
facebook (1)
Fasilitas (7)
Film (1)
Formula (1)
Geografi (1)
Hari Besar (4)
Hari Raya (1)
Idul Fitri (1)
Intern (3)
Internet (5)
Jadwal (3)
Jaringan Komputer (2)
Jejaring Sosial (1)
Jurnal (1)
Kalendar (1)
Kalender (1)
Kegiatan Rutin (10)
Kelas X (3)
Kelas XI (14)
Kelas XII (12)
Kependidikan (6)
Kesenian (6)
Kisi-Kisi (2)
Konversi Nilai (1)
Kuningan (2)
Label Undangan (1)
latihan soal (1)
LHB (1)
Lingkungan Hidup (11)
Lomba (9)
LSS (4)
Mail Merge (1)
Materi Kelas X (1)
Materi Kelas XI (7)
Materi Kelas XII (5)
Media Pembelajaran (2)
Mengatur Halaman (1)
Microsoft Excel (6)
Microsoft Office (4)
Microsoft Word (2)
Milangkala ka 19 (1)
Nilai Raport (1)
Nota Penjualan (2)
Olah Raga (7)
Olimpiade Sains Nasional (1)
OSN (1)
Page Setup (1)
Pahlawan Nasional (1)
Pembinaan (2)
Pencak Silat (1)
Pengayaan (1)
Pengetahuan (2)
Penghargaan (1)
Pengumuman (15)
Peningkatan Mutu (9)
Perpisahan (3)
Perpustakaan (4)
Piala Dunia (2)
PowerPoint (2)
PPDB (1)
Presentasi (2)
Prestasi Akademik (1)
Profil Guru (1)
PSB & Mutasi (4)
Remedial (4)
Reuni (2)
SBL (12)
Sekolah Sehat (14)
Semester Ganjil (11)
Semester Genap (12)
Seni (6)
Seni itu Indah (8)
Silabus (1)
Silaturahim (4)
Silaturahmi (5)
Smantika Science Expo (1)
SNMPTN (2)
Soal UAS Ganjil (1)
Soal Ujian Tulis (1)
Sosialisasi (1)
Tak Berkategori (29)
Tek. Infokom (5)
Teknologi (2)
Teleconference (1)
template (2)
tik (2)
Tip & Trik (4)
Touring (1)
Tradisional (3)
Try Out (1)
Turut Berduka (1)
tutorial (1)
UAS (3)
Uji Kompetensi (1)
Ujian Akhir Semester (6)
Ujian Nasional (4)
Ujian Sekolah (2)
Ujian Tengah Semester (3)
UKS (6)
UKS (8)
Ulang Tahun (7)
Ulangan Umum (6)
UTS (2)
Vektor (1)
Video Streaming (1)
yahoo (2)

WP Cumulus Flash tag cloud by Roy Tanck requires Flash Player 9 or better.

Kalender 2017

Gallery Photo

My Power