Bertanam Hidroponik “Bertani Gaya Anak Muda Siswa SMAN 3 Kuningan” sebagai Implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013

Panen Raya Tanaman Hidroponik di SMAN 3 Kuningan

Panen Raya Tanaman Hidroponik di SMAN 3 Kuningan.

 

Smantika, 4 April 2017. Salah satu implementasi kurikulum tersembunyi yang dilaksanakan di SMAN 3 Kuningan berupa kegiatan bertanam hidroponik. Kegiatan tersebut merupakan integrasi pembelajaran prakarya bidang pembudidayaan, pembelajaran biologi, pembelajaran kewirausahaan, pembelajaran bersosial dengan masyarakat.

Suasana Stan Komunitas Hidroponik SMAN 3 Kuningan

Suasana Stan Komunitas Hidroponik SMAN 3 Kuningan

Kegiatan bertanam hidroponik dilakukan oleh komunitas hidroponik, yaitu siswa yang dikader dalam kegiatan tim adiwiyata/Sekolah Nerbasis Lingkungan (SBL) dengan bimbingan guru pembimbing yang termasuk tim adiwiyata/SBL. Kegiatan ini dimulai dari penyemaian, pembibitan, penanaman pada media tanam pembesaran hidroponik, pemupukan, pembesaran, pemanenan, dan pemasaran. Semua kegiatan tersebut merupakan implementasi kurikulum tersembunyi yang mengintegarasikan berbagai bidang ilmu/mata pelajaran. Untuk kegiatan penyemaian sampai dengan pemanenan mereka harus kompeten pada bidang budi daya, biologi, sedangkan untuk pemasaran mereka harus kompeten bidang wirausaha dan bersosial dengan masyarakat.

Suasana penjualan tanaman hidroponik

Suasana penjualan tanaman hidroponik

Hasil panen tanaman hidroponik diperjualbelikan pada hari Minggu pada waktu car freeday kepada masyarakat luas. Dengan sajian tanaman yang segar, subur, dan berpenampilan tanaman sehat, banyak masyakat yang membelinya, tentunya dengan harga jual yang terjangkau. Kegiatan ini dilaksanakan setiap masa panen yaitu setiap 6 minggu. Tanaman yang paling pavorit yaitu: kangkung, pokcoy, selada bokor merah. Rasa semua tanaman tersebut renyah, agak manis, sehinga cocok untuk makan mentahnya sebagai lalap.

Kegiatan komunitas hidroponik merupakan pembelajaran kemandirian siswa dalam menanamkan karakter kewirusahaan. Dengan berkegiatan hidroponik, siswa akan selalu memelihara lingkungan yang sehat, bersih, hijau dan cinta lingkungan karena ada proses pembudidayaan tanaman sayuran yang banyak digemari masyarakat.

Stand Kominutas Hidroponik SMAN 3 Kuninganp ada acara carfreeday

Stand Kominutas Hidroponik SMAN 3 Kuninganp ada acara carfreeday

 

 

 

 

 

 

 

Panen Raya Tanaman Hidroponik bersama tamu studi banding dari SMAN 3 Cimahi

Panen Raya Tanaman Hidroponik bersama tamu studi banding dari SMAN 3 Cimahi

Website Pin Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Premium Responsive

Tulisan ini dipublikasikan di 2016/2017, Adiwiyata, SBL, Sekolah Sehat dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.