Kepala Sekolah
Kepala Sekolah, Sekdis, Wkasek Kurikulum sedang meninjau Taman Tanaman Buah

SMA Negeri 3 Kuningan memiliki letak strategis di jalan Siliwangi 13 Kuningan yang bersebrangan dengan kantor Bupati Kuningan dan merupakan etalase persekolahan SMA di Kabupaten Kuningan. Di bawah kepemimpinan Bapak Drs. H. Sudrajat, M.M.Pd. yang telah berpengalaman menata 6 sekolah dan piawai menata lingkungan yang asri, SMA Negeri 3 Kuningan pada tahun 2014 sudah menjadi sekolah berbudaya lingkungan yang bersih dan sehat tingkat provinsi Jawa Barat, juga mengembangkan dan melestarikan seni budaya sunda yang diselaraskan dengan moto Kuningan MAS bahkan telah meraih prestasi juara I tingkat nasional yaitu pada FL2SN. Berdasarkan beberapa prestasi tersebut maka warga sekolah SMAN 3 Kuningan mencanangkan SMA Negeri 3 Kuningan menuju tahun 2017 sebagai sekolah berwawasan wisata pendidikan.

Utuk mewujudkan SMAN Negeri 3 Kuningan menjadi sekolah wisata pendidikan, mulai tahun 2014 sekolah ini memiliki tujuh program unggulan, yaitu: religius, akademik dan non akademik, kearifan budaya lokal, sekolah sehat, berbudaya lingkungan, kedisiplinan, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Bidang religius para siswa dan guru dibiasakan masuk pukul 06.45 dengan tadarusan bersama-sama sampai pukul 07.00, pembiasaan sholat duha, dan doa bersama istogosah secara berkala tiap 3 bulan sekali.

Bidang akademik dan nonakademik para siswa dapat mengembangkannya pada eskul yang berorientasi pada delapan mata pelajaran olimpiade, sedangkan bidang non akademik para siswa mengembangkannya pada bidang seni, olahraga, dan jurnalistik.

Bidang kearifan budaya lokal, para siswa mendapat bimbingan dan pelatihan dari pelatih profesional di bidangnya, diantaranya kacapi suling, rampak kendang, karinding, kawitan sunda, tarian sunda. Bidang ini sudah unjuk gigi pada HUT Kuningan dengan pawai helaran budaya sunda yang merupakan peserta peserta pawai terpanjang yang menyajikan penampilan budaya sunda yang langsung didemontrasikan sepanjang jalan Siliwangi.

Bidang sekolah sehat, SMAN 3 Negeri Kuningan merupakan sekolah model yang fokus pada bidang kesehatan sesuai standar kesehatan dari kementrian. Sekolah ini memiliki ruang UKS yang representatif, ada ruang pemeriksaan, perawatan, konsultasi, pustaka kesehatan, dan ruang pertolongan pada kesehatan yang dipisahkan antara siswa laki-laki dan perempuan. Untuk kelancaran tersebut dibantu dengan perawat dan dokter dari puskesmas terdekat Dinas Kesehatan. Sedangkan untuk kelancaran pelayanan siswa disediakan unit mobil pelayanan kesehatan siswa. Agar semua warga sekolah sadar akan kesehatan maka dibentuk kader kesehatan sekolah yang selalu mengajak teman-teman sejawatnya untuk memelihara dan menjaga kesehatan sekolah setiap saat.

Bidang sekolah berbudaya lingkungan hidup, SMA Negeri 3 Kuningan sudah menjadi sekolah yang asri dengan dihiasi tanaman hias, adanya taman tanaman produktif, taman obat keluarga, dan warung hidup. Bidang ini membiasakan warga sekolah untuk peduli lingkungan agar tetap bersih, sehat, rindang dan indah. Disetiap sudut sekolah pasti ada tanaman yang indah, segar dan bermanfaat bagi kehidupan sekitarnya. Dengan hal terserbut siapa saja yang berkunjung ke SMAN 3 Kuningan menjadi “gok resep-gok resep” (dibergai tempat ditata dengan rapi, nyaman dan menjadi betah), sehingga sekolah berkesan asri, hal ini dengan penataan taman tanaman produktif, tanaman hiasan gantung, taman tanaman obat keluarga, dan warung hidup.

Bidang kedisiplinan, semua warga sekolah harus sudah berada disekolah tepat pukul 06.45, berpakaian sesuai aturan yang berlaku, berpenampilan dan berprilaku yang sesuai etika dan estetika. Untuk mencapai kedisiplinan yang tinggi maka akan diberikan penghargaan kepada siapa saja yang dapat menjadi teladan dan berlangsung terus menerus.

Bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), SMAN 3 Kuningan menyediakan jaringan internet “dedicated” dari astinet dengan 3 MBps yang dapat diakses di berbagai sudut sekolah. Selain itu juga mengajak warga sekolah untuk menggoptimalkan e-learning di alamat http://psb.smantika.sch.id/ yan dapat diakses oleh berbagai media, sehingga proses belajar mengajar dapat dilakukan kapan saja, di mana saja, dan dengan siapa saja, tidak terpaku pada ruang dan waktu. Dan tidak kalah penting manajemenpun sudah berbasis TIK, yaitu dengan memiliki server lokal yang bersisi XAMPP EDU yang dikembangkan oleh tim pengembang sumber belajar dari subdit pembelajaran Direktorat Pembinaan SMA Kemendukbud.

Dengan ketujuh program unggulan di atas, maka SMAN 3 Kuningan sudah melaksanakan 3 P, yaitu penampilan yang indah, pelayanan yang prima, dan prestasi yang gemilang sesuai dengan visi sekolah “SMA NEGERI 3 KUNINGAN SEKOLAH BERWAWASAN WISATA PENDIDIKAN, BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA, MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI, UNGGUL DALAM MUTU AKADEMIK DAN NONAKADEMIK, MAMPU BERSAING DI TINGKAT LOKAL DAN GLOBAL.”

Dengan semangat tersebut SMAN 3 Kuningan maju terus dan terus maju di dunia pendidikan.