Pelantikan KKR Angkatan III SMAN 3 Kuningan oleh Kadisdikpora Drs. A. Taufik Rohman, M.Si., M.Pd.
Pelantikan KKR Angkatan III SMAN 3 Kuningan oleh Kadisdikpora Kabupaten Kuningan  Drs. A. Taufik Rohman, M.Si., M.Pd.

Pacsa penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional tahun 2015, SMA Negeri 3 Kuningan terus berbenah sebagai upaya nyata berkelanjutan dalam mewujudkan seluruh warga sekolah memiliki pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat lahir dan batin.

Anggota KKR Angkatan III resmi dilantik
Anggota KKR Angkatan III resmi dilantik

Kendati tahun ini, baru berhasil meraih juara II kategori The Best Performance, peningkatan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat terus dilakukan. Diawali dengan kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) UKS kelas X dengan menghadirkan narasumber kesehatan dari instansi pemerintahan, seperti: PUSKESMAS, Dinas Kesehatan, BKBPP, dan BNN Kabupaten Kuningan. Hadir pula sebagai narasumber di sela-sela kegiatan MOPDB tersebut, dari Program Studi Perhotelan Universitas Tujuh Belas Agustus (UNTAG) Kabupaten Cirebon, memberikan materi khusus tentang Etika dan Tata Krama.

Penyerahan mandat tugas kepengurusan KKR Angkatan II ke Angkatan III
Penyerahan mandat tugas kepengurusan KKR Angkatan II ke Angkatan III

Keberhasilan ini, tentunya tidak terlepas dari kiprah Kader Kesehatan Remaja (KKR) yang berperan aktif tanpa mengenal lelah mengantarkan SMA Negeri 3 Kuningan menjadi salah satu sekolah sehat terbaik se-Indonesia. Petikan sambutan Bupati Kuningan dalam hal ini disampaikan oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Kuningan, Drs. A. Taufik Rohman, M.Si., M.Pd. selaku pembina dalam upacara pelantikan Kader Kesehatan Remaja (KKR) SMA Negeri 3 Kuningan, menyampaikan “…. dengan capaian prestasi yang luar biasa ini, saya (Bupati Kuningan) berharap pola hidup bersih dan sehat (PHBS) seluruh komponen yang ada di SMA Negeri 3 Kuningan dapat lebih ditingkatkan, bahkan harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat”.

Sebanyak 9 siswa pengurus inti dan 64 siswa kelas X berprestasi hasil penjaringan telah dilantik oleh Kadisdikpora Kabupaten Kuningan pada hari Senin, 24 Agustus 2015 di lapangan upacara SMA Negeri 3 Kuningan dengan mengusung tema “SMANTIKA sehat lahir dan batin sebagai sekolah wisata pendidikan menuju tahun 2017”. KKR SMA Negeri 3 Kuningan angkatan III memiliki nama angkatan IBNU SINA ini, terbagi dalam 5 divisi utama hasil perampingan dari angkatan sebelumnya yang berjumlah 18 divisi. Dalam kesempatan yang sama, Kadisdikpora menyampaikan, “…. KKR yang telah dilantik ini, diharapkan menjadi pelaku utama dalam mewujudkan PHBS di lingkungan sekolah”. Keteladanan dan kerjasama seluruh warga sekolah menjadi kunci utama keberhasilan mewujudkan seluruh warga sekolah yang berkarakter, seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Oleh karena itu, “…. siswa yang berkarakter berawal dari guru yang berkarakter, dan guru yang berkarakter berawal dari Kepala Sekolah yang berkarakter”, tambah Kadisdikpora.

Prestasi luar biasa yang ditorehkan SMA Negeri 3 Kuningan, disamping mengharumkan nama daerah, diharapkan menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah yang lain di Kabupaten Kuningan, untuk berperan aktif dalam mewujudkan pembiasaan PHBS di sekolahnya masing-masing. Lebih jauh, diharapkan penerapan PHBS di sekolah menjadi sebuah kebutuhan seluruh warga sekolah sebagai upaya mewujudkan seluruh warga sekolah yang sehat lahir dan batin (red.)