SMANTIKA yang Asri sangat Mendukung Gerakan Literasi

Gerakan Liteasi bersama Ibu Netty Heryawan di Taman Literasi SMANTIKA

Gerakan Liteasi bersama Ibu Netty Heryawan di Taman Literasi SMANTIKA

Ibu Netty Heryawan sebagai bunda literasi Jawa Barat saat berkunjung ke SMAN 3 Kuningan merasa kagum dengan lingkungan sekolah yang asri, nyaman, dan indah tertata rapi.  Lingkungan seperti ini mencerminkan sekolah yang ramah anak (siswa) karena mencerminkan suasa belajar yang nyaman dan berudara segar karena lingkungan yang hijau.

Dengan lingkungan yang nyaman, indah, asri dan menyegarkan sangat mendukung untuk membudayakan gerakan  litarasi di lingkungan sekolah.  Beliau sebagai penggiat literasi sangat mengapresiasi lingkungan SMAN 3 Kuningan yang berbasis lingkungan untuk menunjang warga sekolah nyaman membaca berbagai informasi dari berbagai media. Hal ini beliau langsung menikmati taman literasi yang nyaman bersama para siswa.

Para siswa diarahkan dan diajak berdialog mengenai gerakan literasi di SMAN 3 Kuningan. Menurut beliau bahwa membaca buku di lingkungan sekolah yang nyaman seperti di SMAN 3 Kuningan akan betah untuk membaca buku, dan gerakan litarasi di SMAN 3 Kuningan akan mudah dilaksanakan secara konsisten. Berbeda jika lingkungan sekolah gersang, tidak nyaman, tidak indah, tidak asri, budaya baca pun akan sedikit terganggu karena suasana kurang nyaman.

Beliau kagun dengan lingkungan SMAN 3 Kuningan yang nyaman, asri, indah tertata rapi, karena lingkungan seperti itu ada di “daerah”, sekolah “kota” pun belum tentu bisa seperti SMAN 3 Kuningan.

Gerakan literasi bertujuan agar para siswa menjadi kritis, kreatif, pandai menulis atau berkarya dari hasil bacaannya. Lingkungan yang hijau seperti di SMAN 3 Kuningan dapat dijadikan pusat sumber belajar untuk materi lingkungan hidup. Apa yang telah dibaca dari berbagai referensi mengenai lingkungan atau tanaman, dapat dikuatkan dengan observasi langsung ke “lapangan”. Sehingga pembelajaran atau ilmu pengetahuan yang didapat dari hasil membaca dapat dipraktekkan langsung ke lingkungan sebagai laboratorium alam.Atau sebaliknya tanaman atau hewan yang ada di lingkungan SMAN 3 Kuningan dapat dicari sumber rujukannya yang lengkap dari hasil membaca, sehingga berhubungan erat keberadaan lingkungan tertata dengan gerakan litrasi, kedua saling mendukung.

Website Pin Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Premium Responsive

Tulisan ini dipublikasikan di 2016/2017, SBL. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.