Video Laporan Hasil Observasi (Berbasis Ponsel): Materi LHO Mapel Bahasa Indonesia Kelas X

Pembelajaran bahasa Indonesia mencakup empat keterampilan berbahasa yang langsung dialami oleh pembelajar. Materi Bahasa Indonesia kelas X SMA yang pertama yaitu menulis laporan hasil observasi (LHO). Saya mengajak para siswa untuk mengamati contoh (LHO) dari berbagai sumber. Salah satu sumber yang dicermati siswa yaitu buku teks dari kemendikbud yang memberikan pola penulisannya diawali dengan deskripsi definisi, deskripsi bagian, deskripsi manfaat. Para siswa memahaminya dengan pola defisini dan penjelasan umum, klasifikasi dan rincian bagian, deskripsi manfaat, kesan pada objek yang di observasi.

Teks LHO yang disusun siswa dibahas bersama, mulai dari pola, kebahasaan, gaya penulisan formal atau non formal. Setelah memenuhi kriteria penulisan LHO mereka berpresentasi sesuai gayanya masing. Tentunya pada presentasi pun harus memenuhi kreteria yang tepat. Tahapan presentasi mereka diajak untuk percaya diri menyampaikan laporan hasil obervasi yang dapat dipertanggung jawabkan. Setidaknya para siswa sudah membaca berbagai literatur tentang objek yang diobservasi dan gaya berpresentasi, maka siswa dituntun untuk berliterasi dan mencari informasi kepada nara sumber. Kegiatan ini para siswa melakukan pembelajaran empat keterampilan berbahasa.

Tahapan menulis teks dan presentasi di depan umum telah memenuhi kriteria, maka saya arahkan untuk memvisialkan laporannya pada bentuk video. Pada tahapan ini mereka memiliki gaya yang berbeda-beda, ada yang mirip reportase, ada yang mirip oberver, ada mirip informan. Mereka mengambil gambar, video dan editing menggunakan ponsel. Artinya mereka menuntaskan pembelajaran LHO dengan membuat karya video hanya menggunakan ponsel yang mereka miliki. Saya mengajak mereka untuk memanfaatkan fasilitas yang ada untuk kegiatan pembelajaran.

Video yang mereka buat luar biasa, mereke kreatif, kritis dan bisa berkomunikasi. Dalam pembuatan video LHO tersebut melibatkan mata pelajaran lain (pembelajaran terintegrasi). Beberapa karya mereka dapat dilihat pada link ini.

Website Pin Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Premium Responsive

Tulisan ini dipublikasikan di 2018/2019. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.